Mau Tahu Tips Menyelenggarakan Pernikahan Dengan Anggaran Minim?

Berikut beberapa informasi tentang tips menyelenggarakan pernikahan dengan anggaran minim, semoga bisa membantu Anda yang ingin menikah tetap meriah namun tidak dengan biaya yang besar.

Persiapkan tabel anggaran

Hal yang perlu Anda persiapkan awal sebelum melakukan aktifitas adalah selalu mempersiapkan tabel anggaran yang dibuat sendiri secara sederhana namun terperinci. Tulislah apa saja yang Anda inginkan dari pernikahan Anda, contohnya adalah mempersiapkan rincian dana seperti surat undangan, catering, baju pesta/pernikahan, jasa hiburan, jasa dokumentasi, jasa dekorasi, dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan Anda memangkas apa yang memang bisa dipangkas atau diminimalisir.



Dengan adanya tabel, akan membantu menganalisa dengan tenang dan cermat. Terkadang sebagian orang malas untuk membuat tabel, padahal akan sangat membantu sekali daya kinerja otak akan terfokuskan kepada analisa dari apa yang telah dituliskan, tidak terbagi-bagi dengan analisa dan bayangan hafalan tabel.

Mencari referensi

Mencari referensi teman ataupun kenalan Anda yang memiliki usaha sebagai wedding organizer, hal ini akan membantu mengurangi budget yang akan dikeluarkan. Karena biasanya jika kita melalui teman akan mudah untuk mendapatkan diskon yang lebih besar, hal ini akan sangat membantu meminimalisir anggaran Anda. Jika tidak ada kenalan wedding organizer, maka carilah referensi dengan bertahap, maksudnya jika punya kenalan teman yang usaha catering, cobalah untuk menegosiasi untuk membantu dalam mengisi acara pernikahan Anda, kemudian teman yang memiliki usaha tata rias, negoasiasikan untuk membantu menata persiapan pernikahan Anda, dan beberapa bidang lainnya berkenaan dengan acara pernikahan. Hal tersebut akan sangat mengurangi pengeluaran budget yang besar, sehingga target anggaran minim bisa terpenuhi.

Menyewa baju pernikahan

Menyewa baju pernikahan adalah salah satu tips yang bisa membantu Anda untuk mengurangi anggaran agar menjadi seminim mungkin. Karena yang namanya baju pernikahan tentunya akan dipergunakan sekali seumur hidup, namun bagi orang yang kelebihan uang kenangan tersebut sangat disayangkan jika tidak dimiliki dan disimpan dalam lemari untuk dijadikan kenangan. Namun, untuk Anda yang berfikir ingin meminimalisir anggaran pernikahan, hal tersebut harus dikendalikan dengan cara tidak membeli baju pernikahan tetapi menyewa dengan harga yang relatif jauh dibandingkan Anda membelinya. Apalagi jika menyewaw baju pernikahan tersebut berasal dari referensi kenalan Anda, pastinya diskon yang diberikan akan lebih besar.

Menyewa tempat outdoor

Di Indonesia menyewa tempat outdoor jauh lebih murah dibandingkan menyewa tempat indoor, hal ini pun menjadi pilihan untuk Anda dalam mencapai pernikahan dengan anggaran yang minim. Outdoor untuk saat ini paling sering dilakukan oleh para pengantin muda, karena dengan tempat yang lebih luas , harga yang murah dan bisa di desain sesuai keinginan Anda. Lakukan desain yang minimalis sehingga membuat para tamu undangan merasakan kenyamanannya. Outdoor bisa lebih bebas untuk Anda berkreasi seperti apa desain interiornya dan juga ekseteriornya, hal ini akan meningkatkan kreatifitas Anda untuk bisa menampilkan acara yang terbaik untuk pernikahan yang akan dilaksanakan.

Souvenir handmade

Buatlah sebuah souvenir yang dibuat oleh Anda sendiri sebagai kenangan kepada para tamu undangan. Hal ini sangat membantu mengurangi budget anggaran pernikahan Anda. Karena pastinya membeli souvenir di jaman sekarang pastinya memerlukan biaya yang cukup tinggi, tetapi jika kita kreatif untuk membuatnya sebagai kenangan dan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir dalam acara Anda pastinya kesan tersebut akan selalu diingat oleh mereka. Hal sederhana yang dibuat dengan rasa cinta akan membuahkan suasana yang menyenangkan. Anda juga dapat berkreasi dengan baju sablon yang unik dan menarik untuk para tamu.

Mengundang teman dan saudara terdekat saja

Pilihan terakhir untuk mengurangi anggaran pernikahan Anda adalah dengan mengundang teman dan saudara terdekat saja. Hal ini akan sangat mengurangi biaya anggaran dari biaya keseluruhan, apalagi dari nilai catering yang dipersiapkan, karena biasanya untuk pengeluaran catering pastinya lebih besar dibandingkan pengeluaran lainnya di dalam acara pernikahan. Oleh karena itu, undanglah teman ataupun saudara yang menurut Anda kenal, hal ini akan sangat membantu Anda mendapatkan target untuk mengeluarkan anggaran yang minim.

Yang terakhir, jangan lupa untuk menyiapkan cincin nikah untuk anda dan pasangan anda. Bahwa kini cincin nikah tidak hanya terpenjara pada berlian saja, akan tetapi dengan kombinasi batu permata, emas, dan berlian sebagai hiasan micro setting, Itulah trend cincin nikah terkini.

Demikian ulasan mengenai tips menyelenggarakan pernikahan dengan anggaran minim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Ciri Tipe Orang yang Suka Ber-Kamuflase

Hukum Istri Meninggalkan Rumah Saat ada Masalah dengan Suami

Bakso di Ciracas yang Paling Enak dan Populer